The Influence of Pop Up Book Media on The Students Reading Skills of Class I MI Ma'arif 01 Limbangan Wanareja District

Husni Fauzi, Johar Alimuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap keterampilan membaca siswa kelas I MI Ma’arif 01 Limbangan Kecamatan Wanareja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I di MI Ma’arif 01 Limbangan tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 36 siswa yang terdiri dari dua rombongan belajar yaitu kelas I A berjumlah 20 siswa dan kelas I B berjumlah 16 siswa.. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pop up book terhadap keterampilan membaca peserta didik kelas I MI Ma’arif 01 Limbangan Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap dengan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel (16,885 > 1,734). Selain itu juga ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada keterampilan membaca peserta didik kelas 1 MI Ma’arif 01 Limbangan Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap.


 

Keywords

Pop Up Book; Reading; Elementary School

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.