The Role of Educational Quality Standards and Organizational Climate on The School Principals Competency and Its Implications for Teacher Performance

Tuti Herawati, Muhammad Suparmoko, Umalihayati Umalihayati

Abstract

Guru berperan penting dalam satuan pendidikan, dan sebagai standarisasi mutu Pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan kompetensi sebagai predictor yang mempengaruhi langsung atau tidak langsung antara standar mutu pendidikan dan iklim organisasi terhadap kinerja guru. Jenis penelitian adalah kuantitatif bersumber dari jawaban responden. Teknik pengumpulan data melalui sebaran kuesioner pada guru sekolah dasar kota Cilegon dan terkumpul 178 jawaban responden. Teknik analisis menggunakan least partial structural (PLS SEM) untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil peneltian antara lain: (1) ada pengaruh Standar mutu Pendidikan terhadap kompetensi kepala sekolah; (2) ada pengaruh Iklim Organisasi terhadap kompetensi kepala sekolah; (3) ada pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap kinerja guru; (4) ada pengaruh Iklim Organisasi terhadap kinerja guru; serta (5) peran variable mediasi (kompetensi kepala sekolah) dapat memediasikan antara variable independent (standar mutu pendidikan dan iklim organisasi). Simpulan penelitian ini yaitu kinerja guru merupakan capaian prestasi kerja yang didukung oleh kompetensi kepala sekolah, standar mutu pendidikan dan iklim organisasi.

Keywords

Standar Mutu Pendidikan, Iklim Organisasi, Kompetensi Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.