Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Hasil Belajar Membaca Cerita Pendek Siswa Kelas V di SDN Cijati 04 Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2022/2023

Siti Uswatun Hasanah, Fujiatun Hasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Hasil Belajar Membaca Cerpen Siswa Kelas V SDN Cijati 04 dalam bentuk one group pretest-posttest. Lokasi penelitian di SDN Cijati 04. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 19 siswa yang berjumlah 19 siswa. Instrumen penelitiannya adalah tes yaitu soal pilihan ganda. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berupa pretest dan posttest. Penelitian ini juga menguji instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji n-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi DRTA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t berpasangan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.

  

Keywords

strategi DRTA, hasil belajar, membaca, cerita pendek

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.