The Role of Student Mentality towards Social Competency through Facilities and Infrastructure and Work Discipline

Fitriyatul Yustiva, Furtasan Ali Yusuf, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Kompetensi social merupakan kemampuan individu berinteraksi dengan lingkunganya, berdampak pada orang lain untuk tercapai tujuannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan kompetensi social dengan melibatkan mediasi sarana prasarana dan disiplin kerja.. Metode analisis data kuantitatif berbantuan alat statistik Partial Least Square (PLS) untuk menguji pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Jenis penelitian adalah kuantitaif dengan cara menyebarkan kuesioner pada guru ASN sekolah dasar kota Cilegon dan terkumpul 163 responden. Teknik analisis penelitian dibantu alat statistic structural equation Modelling (SEM) antara lain menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung antara variable beserta besaran hubungannya. Hasil penelitian antara lain: (1) ada pengaruh mental siswa terhadap sarana dan prasarana; (2) ada pengaruh mental siswa terhadap disiplin kerja; (3)  tidak  ada pengaruh mental siswa terhadap kompetensi sosial; (4) ada pengaruh sarana prasarana terhadap kompetensi sosial; (5) tidak ada pengaruh disiplin kerja terhadap kompetensi sosial; (6) hasil uji mediasi  disiplin kerja dan sarana dan prasarana sebesar berpengaruh positif. Simpulan penelitian yaitu kompetensi social membutuhkan faktor lainnya seperti perhatian mental siswa, disiplin kerja dan sarana prasana.

Keywords

Mental Siswa, Sarana Prasarana, Disiplin Kerja, Kompetensi Sosial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.