The Role of Organizational Learning on Teacher Performance through Discipline and Work Performance

Muadifah Muadifah, Furtasan Ali Yusuf, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Prestasi kerja dapat diukur dengan sertifikasi guru yang berdampak langsung terhadap kinerja guru sekolah dasar. Tujuan penelitian adalah untuk memprediksi keberlanjutan kinerja guru sekolah dasar kota Cilegon, dan mengoptimalkan faktor-faktor yang berpengaruh langsung atau berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja. Jenis penelitian adalah kuantitatif berupa data responden yang dikumpulkan melalui sebaran kuesioner pada guru sekolah dasar di Kota Cilegon, dan dianalisis dengan alat statistic structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian antara lain: (1) tidak ada pengaruh pembelajaran organisasi terhadap kedisiplinan; (2) tidak ada pengaruh pembelajaran organisasi terhadap prestasi kerja; (3) ada pengaruh kedisiplinan terhadap kinerja guru; (4) ada pengaruh prestasi kerja terhadap kinerja guru; serta (5) hasil uji mediasi kedisiplinan dan prestasi kerja mediasi layak digunakan. hasil uji mediasi dapat memediasi antar variabel secara parsial. Simpulan penelitian yaitu pemerintah telah mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan kinerja guru dan memastikan bahwa masing-masing guru memenuhi syarat untuk melaksanakan tanggung jawab mereka. Kondisi ini dapat ditunjukan dengan hasil penelitian antara lain faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru yaitu Prestasi kerja, dan kedisiplinan terhadap kinerja guru.

Keywords

Pembelajaran Organisasi, Kedisiplinan, Prestasi Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.