The Role of Leadership Competence and Human Resources Collaboration towards Curriculum Adaptation through Empowerment of Facilities and Infrastructure

Suheti Suheti, Furtasan Ali Yusuf, Umalihayati Umalihayati

Abstract

Adaptasi kurikulum memerlukan perankompetensi kepala sekolah sebagai pemimpin, dan kolaborasi SDM. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan mediasi pemberdayaan sarana dan prasarana dalam adaptasi kurikulum. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui sebaran google form pada guru sekolah dasar di kota Cilegon, dan dianalisis dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian antara lain: (1) tidak ada pengaruh kolaborasi sdm terhadap pemberdayaan sarana dan pra sarana; (2) ada pengaruh kolaborasi sdm terhadap adaptasi kurikulum; (3)   tidak  ada pengaruh kompetensi pimpinan  terhadap pemberdayaan sarana dan pra sarana; (4) tidak ada pengaruh kompetensi pimpinan terhadap adaptasi kurikulum; (5) tidak ada pengaruh pemberdayan sarana dan prasarana terhadap adaptasi kurikulum; serta (6)  hasil uji mediasi  pemberdayaan sarana dan prasarana  sebesar  p-value 0.850 >  0.05 dan 0.529 > 0.05 artinya variable independent tidak mampu mempengaruhi langsung ke variable dependen kecuali melalui variable pemberdayan sarana dan prasarana. Simpulan penelitian ini adalah ada keterkaitan antara kolaborasi SDM, kompetensi pimpinan, pemberdayaan sarana dan prasarana serta adaptasi kurikulum dalam penyelenggaraan pendidikan.

Keywords

Kolaborasi SDM, Kompetensi Pimpinan, Pemberdayaan Sarana dan Prasarana, Adaptasi Kurikulum

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.