The Influence of School Principals' Responsibilities on Teacher Competencies Through Academic Supervision and Learning Facilities

Siti Rodiyah, Furtasan Ali Yusuf, Umalihayati Umalihayati

Abstract

Tujuan penelitian adalh untuk mengoptimalkan kepala sekolah sebagai penjamin mutu Pendidikan, resilience, dan peka terhadap perubahan lingkungan. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan responden para guru sekolah dasar kota Cilegon. Teknik pengumpulan data melalui survey google form dan terkumpul 150 responden untuk diuji dan dibahas melalui alat statistic structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian antara lain: (1) ada pengaruh tanggung jawab kepala sekolah terhadap supervisi akademik; (2) ada pengaruh tanggung jawab kepala sekolah terhadap fasilitas belajar; (3) ada pengaruh tanggung jawab kepala sekolah terhadap kompetensi guru; (4) tidak ada pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi guru; (5) tidak ada pengaruh tidak ada pengaruh fasilitas belajar terhadap kompetensi guru; serta (6) hasil uji mediasi fasilitas belajar dan   supervisi akademik mengindikasikan bahwa variable independent tidak mampu mempengaruhi langsung ke variable dependen kecuali melalui variable fasilitas belajar dan supervisi akademik. Simpulan penelitian ini yaitu kepala sekolah memiliki peran strategis pada kemajuan pendidikan antara lain tanggungjawab pada supervisi akademik, tanggungjawab pada fasilitas belajar dan tanggungjawab terhadap kompetensi guru.

Keywords

Tanggung Jawab Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, Fasilitas Belajar, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.