The Influence of The Quality of Instructors on The Quality of Internship and Changes in The Curriculum and Its Implications for The Competitiveness of Graduates

R. Junaesih, Furtasan Ali Yusuf, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan teori daya saing (competitive) yang disesuaikan dengan karakter dan faktor-faktor yang memengaruhi daya saing. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan memasukan variabel mediasi kualitas magang dan perubahan kurikulum sebagai predictor yang mampu (tidak) menghubungkan antara variabel independent (kualitas instruktur) terhadap daya saing lulusan. Metode pengumpulan data melalui sebaran kuesioner pada guru sekolah dasar kota Cilegon. Analisis data dilakukan dengan bantuan Partial Least Square (PLS) dijadikan pendekatan penelitian. Hasil penelitian antara lain: (1) ada pengaruh kualitas instruktur terhadap kualitas magang; (2) ada pengaruh kualitas instruktur terhadap perubahan kurikulum; (3) ada pengaruh kualitas magang terhadap daya saing lulusan; serta (4) ada pengaruh perubahan kurikulum terhadap daya sing lulusan. Simpulan penelitian ini adalah teori daya saing (competitive) mengantarkan temuan baru yaitu upaya daya saing dalam revolusi 4.0 membutuhkan faktor kualitas instruktur, kualitas magang, dan perubahan kurikulum.

Keywords

Kualitas Instruktur, Kualitas Magang, Perubahan Kurikulum, Daya Saing Lulusan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.