Monopoly Markets Structure: Society and Islam

Lukman Affandi, Naufal Dzaki Rifaldi, Abduljalal Salisu, Mintasih Indriayu

Abstract

Artikel ini mencoba menggambarkan fenomena pasar monopoli dalam kehidupan masyarakat dari sisi agama maupun Agama Islam sehingga masyarakat bisa menilai secara terbuka dan adil akan terbentuknya, pelaksanaan, serta hambatan atau tekanan yang ada. Tujuan dari penulisan artikel inia adalah untuk bisa mengetahui lebih dalam struktur pasar monopoli yang adalam masyarakat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan atau melukiskan kenyataan yang ada berdasarkan konsep, kategori, dan tidak berdasarkan angka dan penelitian berdasarkan kajian pustaka yang mengambil data dari tulisan ilmiah yang telah terlisensi. Hasil dari penelitian ini adalah Pasar monopoli memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya adalah memiliki satu penjual, tidak memiliki barang pengganti atau subtitusi, tidak memungkinkan masuk ke dalam struktur pasar, Produsen atau Penjual adalah price maker (pembuat harga), dan promosi kurang begitu diperlukan. Pasar monopoli pastinya memilki kelebihan yaitu menjamin kesejahteraan masyarakat dan efisiensi terhadap pertumbuhan dan pengadaan serta kekurangan yaitu melemahkan dampak reformasi pasar dan penguasaan inovasi oleh perusahaan petahana. Saran yang dilakukan untuk peneliti selanjutnya adalah melakukan komparasi praktik monopoli yang menguntungkan dan merugikan bagi masyarakat jadi masyarakat bisa memilah dan memilih praktik monopoli yang sesuai dengan konsep struktur pasar monopoli.

Keywords

Monopoli, Islam, Pasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.