The Role of Collaborative Attitude towards Commitment through Mediation of Life Satisfaction and Emotional Behavior (Empirical Study on Non-ASN Teachers in Cilegon City

Agustine Lithasari, Muhammad Suparmoko, Ahmad Mukhlis

Abstract

Komitmen guru merupakan esksistensi guru pada kemajuan Pendidikan dan pengetahuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan peran mediasi kepuasan hidup, dan perilaku emosi sebagai predictor pengaruh langsung atau tidak langsung antara sikap kolaboratif terhadap kepuasan guru. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey pada guru sekolah dasar sebanyak 150 responden. Teknik analisis data adalah menganalisis data responden dan membahas pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabelnya dengan statistic structural equation Modelling (SEM). Hasil penelitian antara lain: (1) ada pengaruh sikap kolaboratif terhadap kepuasan hidup; (2) ada pengaruh sikap kolaboratif terhadap perilaku emosi; (3) ada pengaruh sikap kolaboratif terhadap komitmen guru; (4) ada pengaruh kepuasan hidup terhadap komitmen guru; (5) bahwa tidak ada pengaruh perilaku emosi terhadap komitmen; serta (6)  peran mediasi (kepuasan hidup dan perilaku emosi) dapat memediasi secara penuh antara variable independent (sikap kolaboratif) terhadap komitmen guru). Simpulan penelitian ini yaitu komitmen guru dipengaruhi banyak factor seperti sikap kolaboratif, dan kepuasan hidup yang menggambarkan keikhlasan bekerja pada Pendidikan.

Keywords

Sikap Kolaboratif, Kepuasan Hidup, Perilaku Emosi, Komitmen, Guru Non ASN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.