Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Perempuan: Studi Kurikulum Operasional Madrasah Ibtidaiyyah di Kabupaten Kebumen

Fikria Najitama, Nurhidayah Nurhidayah, Endang Komara, Hilman Farouq Ghoer, N. Dede Choeriyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi manajerial Kepala Madrasah perempuan di Kabupaten Kebumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terbuka dan tertutup serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala perempuan pada Madrasah swasta dan negeri di kabupaten Kebumen memiliki kemampuan manajerial yang cukup bagus, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Kepala satuan pendidikan memiliki kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya sebagai pemimpin dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui berbagai pelatihan dan komunitas belajar. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kompetensi manajerial kepala madrasah perempuan di Kabupaten Kebumen cukup bagus dengan dibuktikan dengan dokumentasi dan program madrasah mulai perencanaan kurikulum madrasah yang melibatkan semua warga madrasah mulai dari planning, organizing, actuating dan controlling.

Keywords

Kepala Madrasah, Kompetensi, Pengelolaan, Kurikulum

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.