The Influence of Happiness and Training on Teacher Performance through Job Satisfaction
Abstract
Kepuasan kerja guru menjadi sorotan penelitian karena motivasi pengabdian pada pendidikan dan tidak berorientasi materi. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan kepuasan kerja dengan teori perilaku organisasi guna mengembangkan peran rasa bahagia dan pelatihan terhadap kinerja guru. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif survey dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Metode pengumpulan data melalui google form pada guru sekolah dasar kota Cilegon dan terkumpul 170 respon untuk diuji dengan mengadopsi partial least square (SEM PLS). Hasil penelitian antara lain: (1) bahwa ada pengaruh rasa bahagia terhadap kepuasan kerja; (2) bahwa ada kepuasan kerja terhadap kinerja; (3) ada pengaruh pelatihan terhadap kepuasan kerja; serta (4) tidak ada pengaruh pelatihan terhadap kinerja. Simpulan penelitian ini yaitu kepuasan kerja dapat dipengaruhi oleh faktor rasa bahagia dan pelatihan sebagaimana teori perilaku organisasi yang menguraikan tentang perubahan perilaku organisiasi karena munculnya hubungan kerja.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.