The Role Of The School Principal And Student Mentality In Teacher Certification Through Dapodik Information And Organizational Learning

Indra Muhamad, Muhammad Suparmoko, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Umumnya, sertifikasi guru sebatas untuk meningkatkan kesejahteraan, peningkatan mutu Pendidikan dan sebagai bukti kinerja guru. Tujuan penelitian adalah untuk membangun model keterlibatan factor lain pada sertifikasi guru. Jenis penelitian adalah kuantitatif berupa data responden yang dikumpulkan melalui sebaran kuesioner pada guru sekolah dasar yang telah mendapat sertifikasi. Hasil penelitian antara lain: (1) ada pengaruh peran kepala sekolah terhadap informasi dapodik; (2) tidak ada pengaruh peran kepala sekolah terhadap pembelajaran organisasi; (3) ada pengaruh mental siswa terhadap informasi dapodik; (4) ada pengaruh mental siswa terhadap pembelajaran organisasi; (5) ada pengaruh informasi dapodik terhadap sertifikasi guru; serta (6) ada pengaruh pembelajaran organisasi terhadap sertifikasi guru.

Keywords

Peran Kepala Sekolah, Mental Siswa, Informasi Dapodik, Pembelajaran Organisasi, Sertifikasi Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.