The Role of Teacher Initiative on the Quality of Early Childhood Education through Service Quality and Teacher Knowledge

Faujiah Faujiah, Muhammad Suparmoko, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Inovasi inisiatif guru merupakan kemampuan kepala sekolah membangkitkan inisiatif guru untuk terus berkontribusi dalam pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan peran mediasi (kualitas pelayanan dan pengetahuan guru di lingkungan sekolah PAUD, dan pengaruh inisiatif guru terhadap mutu pendidikan PAUD. Jenis penelitian adalah kuantitatif berupa data responden yang dikumpulkan melalui sebaran kuesioner pada guru PAUD di Kota Cilegon, dan dianalisis dengan alat statistic structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian antara lain: 1) ada pengaruh inisiatif guru terhadap kualitas pelayanan. 2) ada pengaruh inisiatif guru terhadap pengetahuan guru. 3) ada pengaruh inisiatif guru terhadap kualitas mutu pendidikan PAUD. 4) tidak ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kualitas mutu pendidikan PAUD. 5) ada pengaruh Pengetahuan guru terhadap kualitas mutu pendidikan PAUD. 6) ada pengaruh mediasi antar inisiatif guru terhadap kualitas mutu pendidikan PAUD. Simpulan penelitian ini yaitu inisiatif guru berdampak pada berbagai aspek seperti kualitas pelayanan, pengetahuan guru, dan kualitas mutu pendidikan PAUD.

Keywords

Insiatif Guru, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Guru, Kualitas Mutu Pendidikan PAUD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.