Implementation of Differentiation Learning in Elementary School: Study of Participants in The Driving School Program
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Peserta Program Sekolah Penggerak di kota Kebumen. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualititafif dengan metode deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa serta orangtua siswa peserta program sekolah penggerak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan menggunakan teknik analisis domain. Hasil penelitian saat ini menunjukkan bahwa sekolah penggerak di Kabupaten kebumen telah menerapkan pembelajaran diferensiasi yang berbeda-beda tiap sekolah. Ada guru yang memilih pendekatan konten, pendekatan proses, pendekatan produk. Beberapa pendidik sudah menerapkan 2 atau 3 pendekatan sekaligus dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Kesiapan guru dan siswa tiap sekolah berbeda, sehingga pada implementasi pembelajaran diferensiasi di oleh guru di sekolah dasar peserta program sekolah penggerak berbeda-beda, mulai dari pendekatan konten, pendekatan proses, pendekatan produk, dan pendekatan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.