Pelatihan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guru Sekolah Dasar

Achmad Basari Eko Wahyudi, Suhartono Suhartono, Ngatman Ngatman, Wahyono Wahyono, Tri Saptuti Susiani, Moh Salimi, Ratna Hidayah

Abstract

Setiap murid itu memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda, guru seharusya mampu memfasilitasi setiap murid sesuai dengan kebutuhan belajarnya yang beragam. Tujuan pengabdian ini adalah: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pendampingan pembelajaran  berdiferensiasi di sekolah dasar, dan 2) mendeskripsikan profil kemampuan guru implementasi pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Pengabdian ini dirancang untuk memberikan pelatihan kepada 99 orang kepala sekolah dan guru SD di wilayah Kecamatan Pejagoan untuk merancang, melaksakan, dan mengevaluasi dalam pembelajaran berdiferensiasi. Pengabdian ini berjalan lancar dengan berbagai kegiatan meliputi: diskusi penguatan kemitraan, pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berdiferensiasi, praktik peerteaching pembelajaran berdiferensiasi, serta diskusi evaluasi dan tindaklanjut. Selain itu kompetensi guru dalam pembelajaran diferensiasi mengalami perkembangan dilihat dari sisi diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk.  

Keywords

Pelatihan, Pembelajaran Berdifirensiasi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.