TaRL-Based Differentiated Learning Model Training for Primary School Teachers in Independent Curriculum Implementation

Amaliyah Ulfah, Laila Fatmawati, Ragil Dian Purnama, Fendy Yogha Pratama, M Tolkhah Adityas

Abstract

Tujuan utama dari usaha pelayanan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap pembelajaran yang berbeda, khususnya melalui pemanfaatan kerangka pedagogi Teaching at The Right Level (TaRL), dan meningkatkan keahlian mereka dalam pembuatan modul pedagogis. Pendekatan yang digunakan untuk pengabdian ini melibatkan strategi pedagogis yang beragam, mencakup sesi-sesi didaktik, diskusi interaktif, dan peluang pembelajaran berdasarkan pengalaman yang diselenggarakan melalui latihan dan kegiatan pembimbingan terstruktur. Data dikumpulkan menggunakan kombinasi kuesioner peserta dan kurasi dokumen-dokumen instruksional yang relevan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yang mencakup urutan komponen instruksional yaitu: (1) eksplorasi komprehensif terhadap prinsip-prinsip pembelajaran yang berbeda dan pendekatan pedagogi TaRL, (2) pemeriksaan mendalam terhadap metodologi dan teknik pembelajaran yang berbeda dan TaRL, dan (3) panduan komprehensif dalam merumuskan sumber daya pedagogis yang didukung oleh pendekatan TaRL. Hasil dari intervensi pedagogis ini telah menghasilkan peningkatan yang dapat dilihat dalam pemahaman guru terhadap pembelajaran yang berbeda dan pendekatan TaRL. Terutama, analisis kuantitatif dari data yang terkumpul menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik dalam skor rata-rata sebelum pelatihan, dengan skor rata-rata awal sebesar 50,50, meningkat menjadi 80,62 setelah pelatihan. Selain itu, sejumlah besar guru telah menunjukkan kemampuan dalam merancang modul pengajaran.

Keywords

Pembelajaran Differensiasi, TaRL, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.