TPACK-Based Learning for Enhancing Learning Outcomes in the Natural and Social Sciences Subject at MI Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan

Choirun Nahdliyin, Umi Mahmudah

Abstract

Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di MI Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan. Penelitian ini fokus pada siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis TPACK memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPAS di MI Salafiyah Jenggot 01 Pekalongan. Hasilnya menyoroti manfaat potensial dari memasukkan TPACK ke dalam pendidikan dasar, menunjukkan kapasitasnya untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja siswa dalam mata pelajaran tersebut. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi para pendidik dan pengambil kebijakan mengenai efektivitas pembelajaran berbasis TPACK di sekolah dasar. Hal ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pedagogi yang selaras dengan pengetahuan teknologi dan konten guru, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan hasil pembelajaran bagi siswa.

Keywords

Pembelajaran Berbasis TPACK, Hasil Belajar, IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.