Development of Student Worksheets (LKPD) Mathematics Data Processing Material Using Project Based Learning Models in Class V Primary School

Sony Irianto, Tri Yuliansyah Bintaro, Sochibal Imam

Abstract

Tujuan penelitian; 1) Mengetahui bentuk pengembangan LKPD materi pengolahan data menggunakan  model  Project   Based  Learning, 2) Mengetahui validasi pakar terhadap kelayakan LKPD,3) Mengetahui respon guru terhadap pengembangan LKPD, 4) Mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD. Metode penelitian mengacu pada model 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Karang Sentul sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan tujuan uji terbatas pada 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket respon guru, dan angket respon peserta didik.Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa LKPD yang telah diuji cobakan menggunakan uji coba terbatas pada kelas V SD Negeri 2 Karangsentul. Hasil validasi LKPD mendapatkan kriteria “valid” (3,88), hasil respon guru terhadap penggunaan LKPD mendapatkan kriteria “sangat baik” (4,2), hasil respon peserta didik  mendapatkan kriteria “sangat baik” (3,66). Sehingga  disimpulkan LKPD Matematika materi pengolahan data  melalui  kegiatan  menghitung  kebutuhan  sehari-hari  dengan  menggunakan  model project  based learning layak digunakan  dalam proses pembelajaran matematika.

Keywords

Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model Project Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.