Penguatan Literasi dan Numerasi Menggunakan Adaptasi Teknologi dalam Pembelajaran di SD oleh Kampus Mengajar Angkatan 6

Mumayizah Mumayizah, Nabila Hamidah, Primavera Faustin Thenaya, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Tujuan dari kajian ini sejalan dengan salah satu program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Mengajar) yaitu Kampus mengajar angkatan 6 yang diadakan oleh Mendikbudristek yaitu untuk memperkuat kemampuan literasi dan numerasi di Sekolah Dasar melalui adaptasi teknologi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (studi literatur) dengan melibatkan pengumpulan, pembacaan, pencatatan, dan analisis data dari berbagai sumber referensi yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan teknologi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, memiliki dampak positif yang signifikan pada peningkatan literasi dan numerasi siswa; (2) teknologi memungkinkan aksesibilitas yang lebih besar, pembelajaran yang terpersonalisasi, serta pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan menghibur; (3) teknologi telah mendorong keterlibatan siswa, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual, dan menciptakan lingkungan yang merangsang minat dan motivasi belajar. Kajian ini mencapai simpulan bahwa adaptasi teknologi dalam konteks pendidikan dasar merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa, yang pada gilirannya akan membekali mereka dengan kompetensi akademik yang kuat untuk mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi.

Keywords

Literasi, Numerasi, Teknologi, Kampus Mengajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.