Analysis of Factors Causing The Low Literacy Skills of Grade 5 Students at SDN 2 Tlogowulung

Yoni Rohman, Nadia Aisah Fitri, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah dan faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa kelas V di SDN 2 Tlogowulung. Penelitian juga bertujuan menganalisis upaya guru untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan literasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Model Interaktif (interactive model), yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi siswa kelas V di SDN 2 Tlogowulung disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Fakor internal meliputi rendahnya kemampuan intelegensi siswa, minat belajar siswa, dan motivasi belajar siswa. Faktor eksternal meliputi: (1) Sarana dan prasarana yang kurang memadai, (2) Hubungan dalam keluarga, (3) pengaruh handphone dan televisi, (4) Pengunaan model pembelajaran belum maksimal. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan literasi siswa berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini adalah: (1) Dengan menerapkan kegiatan literasi rutin dan berkelanjutan di kelas, (2) Tercukupinya sarana dan prasarana yang dapat menunjang literasi, (3) Kolaborasi dengan orang tua dalam pembiasaan kegiatan membaca di rumah, dan (4) Penggunaan model pembelajaran membaca yang kreatif dan inovatif.

Keywords

Literasi, Siswa Sekolah Dasar, Rendahnya literasi membaca

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.