Implementation of the Quantum Learning Model for Improving Science Content Learning Outcomes for Class IV Students at SD Inpres Kampung Baru

Widy Abdillah, Dewi Puji Rahayu, Ratna Purwanty

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar Muatan IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Kampung Baru dengan mengimplementasikan model pembelajaran Quantum Learning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Inpres Kampung Baru yang berjumlah 16 siswa. Teknik pngumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa impelementasi model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Inpres Kampung Baru. Siklus I terdapat 11 yang tuntas (68,75%),dan 5 siswa yang belum tuntas (31,25%) dengan nilai rata-rata 65,87. Sedangkan pada siklus II terdapat 15 siswa yang tuntas (93,75%) dan 1 siswa yang belum tuntas (6,25%) dengan nilai rata-rata 80,25.

Keywords

Hasil Belajar, Model Quantum Learning, Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.