Analysis of Students' Learning Style Profiles in 5th Grade Differentiate Learning in Elementary School

Syifa Khoerunnisa, Wahyu Retnoningsih, Novita Donna Zamzami, Moh Salimi

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka menjadi tantangan guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guna memfasilitasi siswa agar terpenuhi kebutuhan belajarnya sehingga dapat memberikan dukungan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecenderungan gaya belajar siswa kelas V SDN Sumberadi. Penelitian   ini   adalah   penelitian   deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah survey dengan kuesioner gaya belajar yang sudah divalidasi dengan nilai Cronbach’s alpha adalah sebesar 0,783. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas V SDN Sumberadi Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 29 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V memiliki gaya belajar yang beragam. Terbukti bahwa gaya belajar siswa menunjukkan 20,69% visual, 55,17% auditori, dan 24,14% kinestetik. Berdasarkan hasil tersebut maka guru harus menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi gaya belajar siswa yang bervariatif.

 

Keywords

Gaya Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.