Implementation of Character Education in Students Through Problem Based Learning

Sri Hanipah, Pashka Marini Thana, Ratu Bulkis Ramli

Abstract

Perguruan tinggi bertanggung jawab dalam menanamkan pengetahuan baru tentang nilai-nilai luhur melalui pendidikan karakter untuk menghasilkan individu yang berkualitas, berkarakter, dan berdaya saing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah, khususnya di Universitas Musamus Merauke di Jurusan PGSD pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data didapat melalui observasi dan studi literatur. Analisis keabsahan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif di dalam kelas melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berdasarkan pendidikan karakter melalui pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hasil analisis implementasi pendidikan karakter pada mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah dapat disimpulkan efektif dalam meningkatkan kedisiplinan di kalangan mahasiswa Unmus, khususnya mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Keywords

Mahasiswa, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.