Analysis of Teacher and Student Readiness in the Implementation of Critical and Creative Oriented Chromebook Media

Tira Sari Dewi, Kartika Chrysti Suryandari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Bantuan chromebook menjadi salah satu gebrakan yang dilakukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka melakukan digitalisasi pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini menggambarkan kesiapan guru dan siswa dalam pengimplementasian media chromebook berorientasi kritis dan kreatif.. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dengan jenis penilitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap guru dan siswa mengenai pemanfaatan teknologi chromebook serta tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam pemanfaatan media chromebook. Tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti berupa analisis permasalahan yang dihadapi sesuai topik, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, serta analisis hasil berupa reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru dan siswa dalam pengimplementasian media  chromebook masih sangat rendah. Bahkan beberapa guru tidak kompeten dalam pemakaian teknologi chromebook. Implementasi media pembelajaran chromebook dapat  menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Media chromebook memberikan visualisasi yang lebih luas dalam proses  pemahaman suatu materi. Penelitian ini dapat menumbuhkan kesiapan siswa dan guru dalam implementasi media chromebook sehingga mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.

Keywords

Keterampilan Berpikir Kritis, Media Interaktif, Chromebook

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.