VR Learning Media Innovation as an Effort to Increase Learning Interest of Grade V Students in the Digital Era

Ridha Assyifa Nisatulloh, Elais Nur Fauzia Qodim, Gayuh Adi Nugroho, Adelia Ayu Pertiwi, Atika Dwi Nursanti, Hafidlotul Ummah, Lailatul Arja, Nafida Yusti Amalia, Shela Nonda Putri, Windhu Roro Kinanthi, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret melaksanakan sosialisasi, uji coba, dan penyerahan inovasi media pembelajaran Virtual Reality di SD Negeri 2 Karangsari sebagai bentuk upaya memberikan praktik belajar yang menyenangkan bagi siswa di era digital. Sosialisasi dan uji coba dilaksanakan pada Kamis, 10 Agustus 2023 dan diikuti oleh 13 siswa dan wali kelas V SD Negeri 2 Karangsari. Program kerja ini memiliki tiga tahap pelaksanaan, yaitu tahap perencanaan program, tahap pelaksanaan program kerja meliputi pengenalan dan penyerahan media pembelajaran VR. Selanjutnya, dilakukan wawancara tertulis kepada siswa untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan inovasi media pembelajaran VR terhadap minat belajar siswa. Hasil uji coba dan wawancara menunjukkan siswa antusias dan tertarik menggunakan media pembelajaran VR dalam proses pembelajaran. Siswa merasa minat belajarnya menjadi meningkat sehingga ingin belajar lebih banyak lagi menggunakan media pembelajaran VR.

Keywords

Virtual Reality, Inovasi, Minat Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.