Implementation of The Independent Learning Curriculum Assessment at UPT SD Negeri 1 Podomoro

Danang Soni Saputra, Indah Eka Lestari, Linda Anggraini, Sabrina Amalia Difani, Umi Lailatun Naja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan utama siswa dan mengetahui keadaan aslinya. Perbandingan Penelitian dibedakan menjadi penelitian eksploratif dan penelitian non-eksploratif temuan penelitian. Program Merdeka Belajar ingin menciptakan suasana Pendidikan yang bagus. Tujuan belajar mandiri adalah untuk guru, peserta siswa serta orang tua dapat menikmati suasana bahagia. Metode yang digunakan adalah verifiable exploration atau narrative review dengan mengumpulkan berbagai informasi melalui berita, melalui dokumen resmi pemerintah, dan sebagainya. Dari hasil penelitian ini bahwa assessment yang digunakan di Sekolah Dasar merujuk pada permendikbud No 21 tahun 2022 yaitu assessment formatif dan assessment sumatif. Asesmen formatif dilaksanakan diawal compositions pembelajaran sedangkan asesmen sumatif dilaksanakan diakhir kegiatan pembelajaran.

Keywords

Assesment; Kurikulum Merdeka Belajar; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.