Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Neza Agusdianita, Irfan Supriatna, Yusnia Yusnia

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika merupakan model pembelajaran yang menghadirkan masalah yang berkaitan dengan etnomatematika untuk diselesaikan oleh mahasiswa. Tujuan dari artikel ini adalah mengkaji literatur mengenai model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan adalah analisis kajian literatur. Hasilnya adalah dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis etnomatematika dosen akan memotivasi mahasiswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran problem-based learning merupakan suatu model pembelajaran di mana peserta didik dihadapkan pada masalah autentik (nyata) sehingga diharapkan mereka dapat menyusun pengetahuannya sendiri, menumbuhkembangkan keterampilan tingkat tinggi dan inkuiri, memandirikan siswa dan meningkatkan kepercayaan dirinya. Terlebih lagi etnomatematika dekat dengan kehidupan mahasiswa. Mahasiswa dapat memecahkan masalah yang relevan dengan budayanya sendiri. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi menjadi lebih baik.  Simpulan dari artikel ini adalah model PBL berbasis etnomatematika dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Keywords

Model PBL, Etnomatematika, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.