Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Saintifik di SMK Batik Sakti 1 Kebumen

Muna Fauziah, Miftahurrohmah Miftahurrohmah, Fajriyati Khofifah, Heni Filaeni, Rizki Nawan Wulan

Abstract

Pendidikan akhlak menjadi hal penting dalam menghadapi era digital melalui pengemasan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran pendidikan agama islam melalui pendekatan saintifik di Sekolah Menengah Kejuruan Batik Sakti 1 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa Sekolah Menengah Kejuruan Batik sakti 1 Kebumen yang ditentukan dengan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dengan pendekatan saintifik dilakukan dengan tiga tahap, yaitu kegiatan pendahuluan (memberi salam, mengecek kehadiran siswa, mereview pembelajaran sebelumnya, memotivasi siswa, dan melakukan apersepsi); kegiatan inti dilakukan dengan menerapkan setiap langkah pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan); serta kegiatan penutup (melakukan posttest, membuat kesimpulan pembelajaran, memberikan reward kepada siswa, memberikan tugas, dan berdoa bersama). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama islam dilalui dengan pendekatan saintifik yang memenuhi semua tahapannya.

Keywords

Implementasi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.