Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Materi Penerapan Nilai Pancasila

Melita Khusnul Amalia, Fitri Jumiyati, Nur Aini Rosita, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Flipbook adalah media interaktif dengan inovasi yang terbaru bagi guru untuk mengkondisikan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan terhadap peluang pengembangan media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi berbasis flipbook dengan harapan dapat memperbesar peluang siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi  Penerapan Nilai Pancasila. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka/literatur. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis data penelitian ini ialah data  kualitatif. Prosedur penelitian yaitu pengumpulan data pustaka, menganalisis bahan penelitian, dan mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap pengembangan media pembelajaran flipbook khususnya pada materi penerapan nilai Pancasila pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook layak digunakan untuk siswa sekolah dasar.

Keywords

Flipbook, Nilai Pancasila, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.