Optimizing an Inclusive Learning Environment through Differentiated Learning
Abstract
Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka memiliki pandangan bahwa setiap peserta didik memiliki kesempatan untuk belajar sesuai minat kemampuan diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pembelajaran berdiferensiasi untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif melalui teknik pengumpulan data kajian literatur. Penelitian ini memanfaatkan berbagai sumber data seperti jurnal nasional dan internasional bereputasi baik. Hasil dari penelitian adalah menggabungkan elemen pembelajaran berdiferensiasi dan inklusivitas secara sinergis dapat menciptakan keselaran dalam proses pembelajaran sehingga menciptakan lingkungan belajar inklusif yang ramah bagi semua peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran berdiferensiasi dapat menciptakan lingkungan kelas yang inklusif, di mana setiap peserta didik akan merasa diterima, dihargai, dan didukung dalam proses belajar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.