Biodegradable Battery from Fruit Peels as an Effort to Develop Local Potential-Based Innovative Learning in Elementary Schools

Siti Fatimah, Kartika Chrysti Suryandari, Murwani Dewi Wijayanti, Surya Agung Wibowo Mugiyo, Dini Rachma Dani

Abstract

Kurikulum merdeka memberikan kebebasan lebih bagi pendidik dalam mengembangkan pembelajaran. Potensi lokal menjadi salah satu sumber belajar dalam implementasi kurikulum merdeka khususnya untuk membentuk pembelajaran terdiferensiasi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis potensi lokal dari kulit buah sebagai biobaterai untuk mengembangkan inovasi media pembelajaran dan kontribusinya dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan experimental lab yang digunakan untuk membuktikan keberhasilan biobaterai dan studi literatur untuk menganalisis kontribusi biobaterai dalam kurikulum merdeka. Kulit buah yang digunakan adalah kulit pisang dan kulit singkong. Selanjutnya dilakukan analisis konten materi yang ada dalam muatan IPAS berdasarkan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa kulit buah pisang terbukti dapat dijadikan sebagai biobaterai dan dapat menjadi salah alternatif dalam media pembelajaran inovatif yang berbasis potensi lokal pada muatan IPAS di Fase C yaitu tentang Ancaman Krisis Energi pada elemen pemahaman sains dan keterampilan proses.

Keywords

Biobaterai, Inovasi Pembelajaran, Potensi Lokal, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.