Assistance with The Fun Schools Movement (GSM) for Strengthening The Profile of Pancasila Learners for Teachers and Students in Primary Schools

Kartika Chrysti Suryandari, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Wahyudi Wahyudi, Muh Chamdani, Murwani Dewi Wijayanti, Dewi Indrapangastuti

Abstract

GSM merupakan gerakan sosial bersama guru untuk menciptakan budaya belajar yang kritis, kreatif, mandiri dan menyenangkan di sekolah. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu bahwa penanaman karakter kurang ditekankan dalam pembelajaran terbukti banyak siswa yang sering terlambat datang kesekolah, kurang kemandirian, kerjasama antar siswa kurang karena pembelajaran terpusat pada guru.  Penanaman karakter dalam pembelajaran ditujukan untuk membentuk profil pelajar Pancasila. Metode pengabdian partisipatif kelompok dan individu, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, penerapan dan monitoring. Pengabdian dilaksanakan dengan peserta guru-guru dan siswa SDN 1 Jatisari Kebumen, dari kelas 1-6.  Metode pengabdian partisipatif kelompok dan individu, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, penerapan dan monitoring. Hasil pengabdian guru dan siswa menerapkan pembiasaan baik pada pembelajaran di zona kedatangan dengan tujuan disiplin dalam kehadiran, zona kreativitas untuk memajang hasil karya siswa, zona kebersihan agar siswa peduli pada lingkungan sekolah dan zona literasi baca untuk memberdayakan gemar membaca. Bagi guru pelaksanaan GSM sebagai upaya untuk melaksanakan pembiasaan baik, sedangkan bagi siswa untuk menumbuhkan karakter profil pelajar Pancasila.

Keywords

Gerakan, Pancasila, Profile, Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.