Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Digital Berbasis Etnomatematika untuk Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Varadhita Aulya Sari, Nurroza Arfuah, Wahyu Ardiansyah, Syara Ayudyaning Pameila, Nikmatul Fauziah, Arman Arman

Abstract

Pengintegrasian etnomatematika yang menggabungkan gambar dan cerita dalam media flashcard dapat membantu siswa untuk mengingat konsep-konsep matematika yang melibatkan banyak konsep yang saling berkaitan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu media flashcard berbasis etomatematika untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar. Pengembangan media flashcard ini menggabungkan prinsip etomatematika yang mengaitkan konsep matematika dengan gambar, cerita, dan contoh nyata sehari-hari. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model desain instruksional ADDIE (Analysis, Design, Development, implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas tiga di UPT SDN 3 Bandungbaru, Lampung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard berbasis etomatematika ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dasar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengembangan media flashcard berbasis etomatematika dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Keywords

Flashcard, Etnomatematika, ADDIE

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.