The Role of Principal Competence, Teacher Competency in School Accreditation Through Primary School Education Quality Standards, and Its Implications for Organizational Climate
Abstract
Kompetensi kepala sekolah dan kompetensi guru merupakan hal penting untuk meningkatkan standar mutu dan iklim organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan standar mutu Pendidikan, kompetensi kepala sekolah dan guru terhadap iklim organisasi dan akreditasi sekolah dasar di kota Cilegon. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui survey pada guru sekolah dasar berjumlah 200 orang dengan alat analisis Structural equation Modelling (SEM). Hasil penelitian antara lain: 1) ada pengaruh Kompetensi Kepala sekolah terhadap akreditasi sekolah dasar. 2) ada pengaruh Kompetensi Kepala sekolah terhadap iklim organisasi. 3) Standar ada pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Standar Mutu. 4) ada pengaruh Pengaruh standar mutu terhadap akreditasi sekolah dasar. 5) ada Pengaruh Kompetensi guru terhadap akreditasi sekolah dasar. 6) ada Pengaruh Kompetensi guru terhadap iklim organisasi. 7) ada Pengaruh Pengaruh Kompetensi guru terhadap standar mutu. 8) Mediasi. Variabel kompetensi kepala sekolah dan guru terhadap standar mutu dengan mediasi akreditasi sekolah dasar, dan kom P value 0.000 < 0.05 yang artinya terjadinya mediasi semu (partially mediating).
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.