The Role of Principal Competence, Teacher Competency in School Accreditation Through Primary School Education Quality Standards, and Its Implications for Organizational Climate

Rodiyah Rodiyah, Muhammad Suparmoko, Ahmad Mukhlis

Abstract

Kompetensi kepala sekolah dan kompetensi guru merupakan hal penting untuk meningkatkan standar mutu dan iklim organisasi.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan standar mutu Pendidikan, kompetensi kepala sekolah dan guru terhadap iklim organisasi dan akreditasi sekolah dasar di kota Cilegon. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui survey pada guru sekolah dasar berjumlah 200 orang dengan alat analisis Structural equation Modelling (SEM). Hasil penelitian antara lain: 1) ada pengaruh Kompetensi Kepala sekolah terhadap akreditasi sekolah dasar. 2) ada pengaruh Kompetensi Kepala sekolah terhadap iklim organisasi. 3) Standar ada pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap  Standar Mutu. 4)  ada pengaruh Pengaruh standar mutu terhadap akreditasi sekolah dasar. 5) ada Pengaruh Kompetensi guru terhadap akreditasi sekolah dasar. 6) ada Pengaruh Kompetensi guru terhadap  iklim organisasi. 7) ada Pengaruh Pengaruh Kompetensi guru terhadap  standar mutu. 8) Mediasi. Variabel kompetensi kepala sekolah dan guru terhadap standar mutu  dengan mediasi akreditasi sekolah dasar, dan kom P value 0.000 < 0.05 yang artinya terjadinya  mediasi semu (partially mediating).

Keywords

Kompetensi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Standar Mutu, Akreditasi Sekolah, Iklim Organisasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.