Analysis of The Use of Augmented Reality (AR) Learning Technology on Science Learning Outcomes in Elementary Schools

Anisa Kholifah, Ariana Diah, Deby Amira, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan teknologi pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis digital seperti Augmented Reality (AR). Pemanfaatan teknologi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dapat membantu siswa memahami materi IPA yang sulit dijelaskan oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu menganalisis peran teknologi pembelajaran berupa ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan literature review, yaitu mengambil berbagai teori dari penelitian yang telah dilakukan pada jurnal-jurnal sebelumnya dan menarik kesimpulan berdasarkan jurnal-jurnal tersebut. Peneliti mengambil 10 jurnal yang relevan dengan topik penelitian dan diambil dari Google Scholar. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan peneliti, terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang positif dan signifikan dalam menggunakan media Augmented Reality.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.