Analysis of The Achievement of Developmental Tasks for Class V Students of Public Elementary School 1 Tamanwinangun Kebumen to Support The Success of Differentiation Learning

Anggraeni Putri Nurdianti, Dita Mardianingsih, Dwi Hana Novia, Endah Soraya, Eva Rosita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang karakter siswa kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun dan bagaimana pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat digunakan sebagai instrumen yang efektif untuk menganalisis, menghargai, dan mengembangkan karakter siswa ini. Penelitian ini menggunakan metode survey, dimana metode ini memerlukan kuesioner ataupun pedoman wawancara yang berfungsi sebagai instrumen utama dalam proses pengumpulan data. Sampel yang diambil untuk penelitian ini yaitu sebanyak 20 anak dari SD Negeri 1 Tamanwinangun. Pada Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran angket yang memuat beberapa informasi yang dibutuhkan untuk penelitian yang memuat karakteristik kepribadian siswa. Tahap analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa pencatatan score yang dipergunakan untuk memberikan nilai terhadap objek yang diamati. Dari jumlah sampel sebanyak 20 siswa, diperoleh hasil berupa rata-rata konsistensi sebesar 2,05/11 dan rata-rata TP (Tingkat Perkembangan) sebesar 4,85 dengan simpangan baku 0,38 dan koefisien varaiansi sebesar 13,41%. Secara keseluruhan, Analisis Tugas Perkembangan (ATP) menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun Kebumen termasuk dalam kategori Tingkat Konformitas (Kof) yaitu berada pada tingkat perkembangan 4,85 yang berarti siswa sudah mencapai tingkat sadar diri.

Keywords

Diferensiasi, Pembelajaran, Perkembangan Siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.