Life Satisfaction of Non-ASN Teachers, Impact of Principal Development, Happiness, and Work Environment in the Cilegon City Education and Culture Department

Kakang Nurhidayat, Muhammad Suparmoko, Ahmad Mukhlis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model kepuasan hidup melalui peran mediasi lingkungan kerja. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner pada 200 guru sekolah dasar, dan menganalisis data dengan alat statistitik Structural equation Modelling (SEM) untuk mengukur pengaruh langsung dan tidak lansung antar variabelnya. Hasil penelitian antara lain: 1) ada pengaruh yang signifikan antara Bahagia terhadap lingkungan, kerja. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara Bahagia terhadap pendampingan Kepala Sekolah 3) ada pengaruh yang signifikan antara Bahagia terhadap kepuasan hidup guru non-ASN. 4) Ada pengaruh yang signifikan Lingkungan kerja terhadap kepuasan hidup guru non-ASN. 5) Hasil uji mediasi menunjukan pengaruh variabel Bahagia terhadap kepuasan hidup guru non-ASN dengan mediasi lingkungan kerja dengan p-value 0.001< 0.05 yang artinya variable independent mampu memengaruhi variable dependent secara langsung. Simpulan, bahwa kepuasan hidup tidak dapat berdiri sendiri, dan membutuhkan mediasi seperti lingkungan kerja sehingga tercipta rasa Bahagia saat bekerja.

Keywords

Bahagia, Lingkungan Kerja, Kepuasan Hidup, Pendampingan Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.