The Role of Teacher Certification in Mediating The Influence of School Principals and Teacher Careers on Teacher Performance

Desy Aryani, Furtasan Ali Yusuf, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan sertifikasi guru, dan untuk mengembangkan konsep peran kepala sekolah dan kinerja guru. Jenis penelitian adalah kuantitatif yaitu menyebarkan kuesioner pada guru sekolah dasar di kota Cilegon. Data responden dianalisis dengan alat statistic Structural Equational Modelling (SEM). Hasil penelitian antara lain: 1) ada  pengaruh yang signifikan antara karir guru terhadap sertifikasi guru. 2) ada pengaruh yang signifikan antara karir guru terhadap kinerja guru.  3) ada pengaruh yang signifikan antara karir guru terhadap peran kepala sekolah. 4) tidak ada pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru terhadap peran kepala sekolah. 5) ada pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru terhadap kinerja guru. Hasil mediasi sertifikasi p-Values 0.006 < 0.005 artinya variable independent mampu mempengaruhi variable dependen secara langsung, dan 0.518 > 0.05 artinya variable independent tidak mampu mempengaruhi variable dependen secara langsung, dan membutuhkan variable mediasi. Simpulan penelitian ini yaitu variabel pemberian sertifikasi guru mampu memengaruhi kinerja guru namun tidak memengaruhi peran kepala sekolah karena sertifikasi guru mencerminkan karir guru di dunia pendidikan.

Keywords

Karir Guru, Sertifikasi Guru, Peran Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.