The Influence of Learning Facilities and Curriculum Changes on Students' Learning Motivation through Teacher Competencies

Asti Khotimah, Furtasan Ali Yusuf, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan peran kompetensi guru terhadap motivasi siswa, dan pengaruh mediasi pada setiap variabelnya. Jenis penelitian adalah kuantitatif yaitu peneliti mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner google form pada guru sekolah dasar, dan terkumpul sebanyak 167 responden. Teknik analisis dibantu dengan alat statistic structural equation Modelling (SEM) untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian menghasilkan antara lain: 1) ada  pengaruh antara Fasilitas belajar terhadap kompetensi guru. 2) tidak ada pengaruh antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar. 3) ada pengaruh yang signifikan antara perubahan kurikulum  terhadap kompetensi guru. 4)  ada pengaruh yang signifikan antara perubahan kurikulum  terhadap motivasi belajar. 5) ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap motivasi belajar. uji mediasi melibatkan kompetensi guru sebagai variable mediasi 0.031 dan 0.005 < 0.005 artinya variable independent mampu mempengaruhi variable dependen secara langsung. Simpulan, motivasi belajar perlu mendapat dukungan dari pihak sekolah melalui perubahan kurikulum, dan kompetensi guru, dan berdampak pada kesuksesan siswa.

Keywords

Fasilitas Belajar, Perubahan Kurikulum, Kompetensi Guru, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.