The Influence of Offline and Online Learning on The Mental of Primary School Students and Its Implications for Facilities and Infrastructure

Fatayatul Munsiyah, Furtasan Ali Yusuf, Ade Manggala Hardianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun paradigma baru mengenai model pembelajaran offline dan online terhadap perkembangan mental siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui sebaran survei pada guru sekolah dasar, dan data yang terkumpul sebesar 165 responden. Teknik analisis data dengan cara menganalisis langsung dan tidak langsung pengaruh antar variable dengan alat statistik structural equational modelling (SEM). Hasil penelitian antara lain: 1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran online terhadap mental siswa.  ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran online terhadap sarana dan prasarana.  2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran offline terhadap mental siswa. 3) tidak ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran offline terhadap sarana dan prasarana.  4) ada pengaruh yang signifikan antara Mental siswa terhadap sarana dan prasarana. 5) Sedangkan hasil uji mediasi mental siswa sebesar 0.643 dan 0.732 > 0.005 artinya variable independent tidak mampu mempengaruhi variable dependen secara langsung, dan membutuhkan variable mediasi. Simpulan penelitian bahwa perhatian khusus pada mental siswa belum terpusat pada pembelajaran offline atau online tetapi berforkus pada sarana dan prasarana.

Keywords

Pembelajaran Offline, Pembelajaran Online, Mental Siswa, Sarana dan Prasarana

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.