Implementation of Problem Based Learning (PBL) to Improve Students’ Scientific Literacy

Melida Sholikhah Dwi Fametya, Ella Izzatin Nada, Wiwik Kartika Sari

Abstract

Peserta didik harus memiliki kemampuan untuk menjawab tantangan dan masalah di masyarakat, berpikir kritis, kreatif, dan memiliki pemahaman yang baik untuk menerapkan konsep sains dalam pemecahan masalah. Kemampuan ini dapat dicapai jika siswa memiliki literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasy eksperimen. Subjek penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dan tes. Hasil dari penggunaan PBL, siswa dapat menjawab soal dengan sangat baik dan dapat menjelaskan jawabannya dengan lengkap yang artinya, model PBL (Problem Based Learning) efektif terhadap kemampuan literasi sains siswa. Jadi, tujuan penelitian kali ini untuk menganalisis keefektifitasan PBL untuk meningkatan literasi ilmiah siswa.

Keywords

tanggapan siswa, literasi sains, problem based learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.