Development of A Buffer Solution Module Support Guided Inquiry and Chemo-Entrepreneurship (CEP)

Indah Septi Risa Putri, Fachri Hakim, Sri Rahmania

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasarkan pada terbatasnya sumber belajar mandiri peserta didik yang berhubungan dengan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul larutan penyangga berorientasi inkuiri terbimbing dan chemo-entrepreneurship (CEP). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 12 peserta didik SMA Negeri 13 Semarang yang ditentukan berdasarkan tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari pengembangan ini berupa modul pembelajaran yang memiliki karakteristik disusun sesuai sintaks inkuiri terbimbing yang didalamnya diorientasikan CEP. Hasil uji kualitas modul yang dikembangkan pada penelitian ini berdasarkan penilaian validator ahli materi dan ahli media yang menyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 85,33%. Simpulan penelitian ini adalah modul larutan penyangga berorientasi inkuiri terbimbing dan chemo-entrepreneurship (CEP) yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik.

 

Keywords

chemo-entrepreneurship, guided inquiry, buffer solution module

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.