Review Literatur melalui Publish or Perish pada Inovasi Pembelajaran Kimia SMA

Khotimah Nur Widyaningtyas, Siti Khumairoh, Hafidhoh Kamalatul Iffah, Mohammad Ardiyanto Saputra, Sri Mulyanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian-kajian jurnal yang membahas tentang inovasi pembelajaran kimia. Metode penelitian menggunakan review studi literatur jurnal berbantuan aplikasi Publish or Perish. Teknik penelitian ini menggunakan metode modus atau berfokus pada data yang sering digunakan peneliti sebelumnya yang dijelaskan menggunakan penyajian tabel dan narasi secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa publikasi jurnal inovasi pembelajaran kimia cenderung meningkat, terutama pada tahun 2022. Tingkatan akreditasi masih beragam, dan sebagian besar terindeks pada tingkatan Sinta 2 dan 3 serta Garuda. Jenis inovasi pembelajaran melibatkan media pembelajaran, metode pembelajaran, dan instrumen pembelajaran. Media pembelajaran menjadi fokus utama inovasi, diikuti oleh metode dan instrumen pembelajaran. Manfaat inovasi pembelajaran kimia mencakup relevansi dengan peningkatan produktivitas siswa dan guru, peningkatan minat dan motivasi belajar, pemahaman konsep yang lebih baik, pengembangan keterampilan praktis, kreativitas, dan kemampuan problem-solving.

 

Keywords

Publish or Perish, learning innovation

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.