Effectiveness of The Knisley Learning Model on Student’s Critical Thinking Ability on Salt Hydrolysis

Rifani Naufarah Shofi, Fachri Hakim

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMAN 1 Mejobo Kudus masih rendah dan belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Knisley terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan respons peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol karena  = 3,787 >  = 3,156. Hal ini berarti model pembelajaran Knisley efektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hidrolisis garam. Peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi di kedua kelas. Model pembelajaran Knisley juga mendapatkan respons yang sangat baik dari kelas eksperimen sebesar 84,6%.


 

Keywords

critical thinking skills, Knisley learning model, student response

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.