Pembelajaran Inklusif dan Transformatif dalam Pendidikan Bahasa Inggris Melalui Pengalaman Pengabdian Masyarakat

Thobias Sarbunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara bagaimana seharusnya pengabdian masyarakat dintegrasikan dalam pembelajaran bahasa inggris yang inklusif dan transformatif untuk mendorong terjadinya perubahan sosial. Metode penelitian berupa literatur review. Data diperoleh dari Google Scholar pada rentang waktu 2020 sampai 2023, melalui kata kunci “pengabdian masyarakat dalam pengajaran bahasa Inggris”. Hasil kajian dipaparkan meliputi analisis metode dan praktik yang efektif untuk membangun materi dan aktivitas pengajaran yang mendorong perubahan sosial, kompetensi budaya, dan lingkungan pembelajaran bahasa inggris yang inklusif. hasil kajian menunjukkan bahwa pengabdian masyarakat dapat dintegrasikan dalam pembelajaran bahasa inggris untuk mencapai pembelajaran yang inklusif dan transformatif dan mendorong terjadinya perubahan sosial meliputi penerapan metodologi tertentu yang memungkinkan siswa untuk mengevaluasi secara kritis berbagai pendekatan pengajaran dan peran mereka dalam mendorong perubahan sosial dan kontribusi peserta didik terhadap perubahan sosial melalui pengajaran bahasa inggris dan pengabdian masyarakat melalui keterlibatan secara aktif dengan komunitas masyarakat.

 

Keywords

English Education, Learning, Inclusive, Transformative, Social Change, Community Service.

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.