The effect of Android Learning Media (MLR Redox) Based on Multiple Level Representation on Increasing Student Learning Outcomes in Redox Reaction Material

Sitti Isra Fauzia M. Tukwain, Mar'attus Solihah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design dan pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik cluster random sampling. Peningkatan rata-rata hasil belajar dengan penghitungan nilai N-Gain dari kelas eksperimen dan kelas control bertutut-turut adalah 0,738 dengan kategori tinggi dan 0,582 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji t-independent pada N-Gain hasil belajar memperoleh nilai sig (1-tailed) sebesar 0,000 < (⍺) yang berarti bahwa Haditerima, kemudian untuk melihat seberapa besar pengaruh perbedaannya digunakan uji lanjut effect size d’ cohen yang didapatkan nilai sebesar 1,0 yang menunjukkan bahwa pengaruhnya termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaraan Android (Redoks MLR) berbasis multiple level representation berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa pada materi reaksi redoks

Keywords

Multiple Level Representation; Android; Reaksi Redoks; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.