Development of Problem Based Learning (PBL) Modules Oriented to Science, Environment, Technology and Society (SETS) on Acid-Base Material

Mustika Wulandari, Fachri Hakim

Abstract

Industri kerajinan tenun ikat menghasilkan limbah cair yang mengandung zat warna dan langsung dibuang ke aliran sungai yang menimbulkan pencemaran lingkungan air sungai. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis PBL berorientasi SETS pada materi asam basa dan mengetahui kualitas modul yang dikembangkan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil validasi oleh validator ahli materi dan ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 86,8% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kelayakan pengguna yang dilakukan dengan uji coba skala kecil oleh peserta didik memperoleh persentase rata-rata sebesar 87,40% termasuk kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik terhadap modul yang dikembangkan memperoleh rata-rata skor sebesar 92,9% tergolong dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil dari penilaian, modul berbasis PBL berorientasi SETS yang dikembangkan ini memiliki kategori sangat layak untuk diuji cobakan dalam kelas besar.


 

Keywords

Module, Problem Based Learning (PBL), Science, Environment, Technology, Society, (SETS), Acid-Base

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.