The Influence of The Contextual Teaching and Learning (CTL) Model on Cognitive Learning Results in Buffer Solution Material

Idamatul Aniroh, Resi Pratiwi

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang tidak melibatkan peserta didik aktif berinteraksi dengan lingkungan dan kurang maksimal mengaitkan materi terhadap konteks kehidupan nyata menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental tipe pre test-post test control group design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Semarang dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL terhadap hasil belajar kognitif pada materi larutan penyangga. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CTL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada materi larutan penyangga dengan signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan Ha diterima karena nilai signifikansi < 0,05. Penerapan model CTL ini dalam pembelajaran kimia materi larutan penyangga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

 

Keywords

Buffer Solution, Cognitive Learning Outcomes, Contextual Teaching and Learning

Full Text:

PDF

References


Refbacks

  • There are currently no refbacks.