The Influence of Guided Note Taking Learning Model Integrated Unity of Science on Students' Scientific Literacy in Acid and Base Material

Irvan Khoiril Anas, Nur Alawiyah, Resi Pratiwi

Abstract

Salah satu tantangan di bidang pendidikan Indonesia adalah meningkatkan literasi sains siswa. Berdasarkan data PISA tahun 2018, Indonesia mengalami penurunan peringkat. Tawaran solusi yang bisa digunakan untuk meningkatkan literasi sains adalah penggunaan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) yang terintegrasi Unity of Science (UoS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GNT terintegrasi UoS terhadap literasi sains siswa pada materi asam dan basa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis quasi experiment. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 dan 2 SMA N 2 Semarang. Hasil data yang diperoleh dinyatakan data yang normal dan homogen yang kemudian digunakan Uji t menunjukkan 0,811 pada pre test dan post test 0,02. Hasil uji N-gain menunjukkan skor kelas eksperimen 0,472 dan kelas kontrol 0,194. Berdasarkan analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa kedua kelas setelah diberikan perlakuan memang mengalami peningkatan, tetapi peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Keywords

Guided Note Taking, Unity of Science, scientific literacy, acids-bases

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.